Gunadarma BAAK News

Selasa, 06 November 2012

Peran Keluarga dalam Pembangunan Bangsa Indonesia


Dalam arus globalisasi yang sangat pesat ,mempengaruhi hampir hampir seluruh prilaku kehidupan baik individu,keluarga maupun masyarakat.Pergeseran nilai-nilai dalam keluarga mengakibatkan dampak yang sangat besar dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Oleh karenanya mengembalikan arti pentingnya peran keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat sebagai wahana pertama dan utama dalam membentuk karakter dan kepribadian bangsa .
Melalui peran keluarga akan dapat akan tercipta kualitas dan ketahanan dan persatuan bangsa dan negara ,maka dalam hal ini perlu kembali adanya pemahaman kembali tentang delapan fungsi keluarga ;

1.    Fungsi Agama
2.    Fungsi Sosial
3.    Fungsi Cinta Kasih
4.    Fungsi Perlindungan
5.    Fungsi Reproduksi
6.    Fungsi Pendidikan
7.    Fungsi Ekonomi dan
8.    Fungsi Lingkungan

Adapun Hari Keluarga tersebut adalah untuk meningikatkan kepada seluruh komponen bangsa baik pemerintah, swasta ,masyarakat  akan pentingnya arti keluarga dan keperdulian terhadap pengendalian penduduk merupakan salah satu bentuk perhatian melestarikan peran keluarga dalam pembangunan bangsa.
Sumber: http://www.kesad.mil.id/content/hari-keluarga-xviii-2011-tingkat-provinsi-jawa-timur-kabupaten-situbondo16-%E2%80%93-17-juli-2011

Pendapat:
Pembangunan bangsa memang dipengaruhi termasuk salah satu nya adalah peran keluarga, peran keluarga menjadi hal terpenting dalam pembangunan bangsa. Dibutuhkan peran keluarga yang baik untuk menjadikan pembangunan bangsa terutama bangsa Indonesia, agar peran keluarga tercipta dengan baik diperlukan sikap-sikap yang mendukung peran keluarga diantaranya pembentukan karakter dalam keluarga dan kepribadian baik keluarga maupun  bangsa.

Peran keluarga bangsa Indonesia merupakan hal yang harus masyarakat teladani dan kepedulian pemerintah sehingga terciptalah pembangunan bangsa yang diharapkan. Bentuk kepedulian dan keteladanan masyarakat hendak nya di terapkan sejak dini dan dibutuhkan kepedulian keluarga dalam menerapkannya, jika kepedulian keluarga bisa menerapkan sejak dini maka akan menjadi terbiasa kemudian menjadi ciri khas kebiasaan masyarakat Indonesia dan peran keluarga dalam pembangunan bangsa sudah mencapai tujuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar