No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Apakah kamu sangat senang selama belajar di Gunadarma
|
|
|
2.
|
Bagaimana keinginan kamu untuk meraih hasil
belajar terbaik di Gunadarma
|
|
|
3.
|
Apakah kamu yakin bahwa selama belajar di Gunadarma bisa meraih prestasi yang baik
|
|
|
4.
|
Apakah kamu mengalami kesulitan belajar di Gunadarma
|
|
|
5.
|
Apakah kamu selalu menjawab pertanyaan dengan
benar
|
|
|
6.
|
Apakah kamu selalu siap dalam menerima pelajaran
|
|
|
7.
|
Apakah kamu selalu menyempatkan sarapan pagi
sebagai penambah stamina agar dalam proses belajar mengajar menjadi lancar
|
|
|
8.
|
Untuk mengejar ketertinggalan selama tidak masuk kuliah
karena sakit, apakah kamu selalu meminjam catatan kepada teman mengenai
materi pelajaran yang telah diberikan oleh dosen
|
|
|
9.
|
Apakah kamu selalu mengikuti mata pelajaran dengan
kondisi yang terpaksa
|
|
|
10.
|
Apakah cuaca yang panas sering mengganggu proses
pembelajaran didalam kelas
|
|
|
11.
|
Apakah kondisi kelas kamu selalu nyaman digunakan dalam proses pembelajaran
|
|
|
12.
|
Apakah dikelas kamu banyak dipasang
semboyan-semboyan yang dapat memotivasi kamu dalam belajar
|
|
|
13.
|
Apakah kamu sering terganggu dengan kegaduhan
teman didalam kelas pada saat proses belajar mengajar
|
|
|
14.
|
Apakah dosen-dosen kamu selalu memotivasi
sehingga memberi rasa percaya diri
|
|
|
15.
|
Apakah orang tua kamu selalu memberikan kesempatan
untuk mengaktualisasi diri dalam belajar
|
|
|
16.
|
Dengan mengikuti ekstrakurikuler di kampus,
apakah kegiatan itu sangat mempengaruhi belajar kamu
|
|
|
17.
|
Apakah kamu merasa jelas dengan metode pembelajaran yang diajarkan oleh dosenmu
|
|
|
18.
|
Apakah dosen kamu selalu memberikan tugas
rumah
|
|
|
19.
|
Apakah dosen kamu selalu memberikan
motivasi belajar disela-sela proses pembelajaran
|
|
|
20.
|
Apakah kamu selalu mempergunakan kesempatan untuk bertanya
kepada dosen
|
|
|
21.
|
Apakah kamu selalu mengungkapkan pendapat dengan
baik
|
|
|
22.
|
Apakah kamu selalu mampu menerima semua informasi
dari dosen
|
|
|
23.
|
Apakah kamu selalu berpikir jernih setiap
menghadapi permasalahan
|
|
|
24.
|
Apakah kamu selalu mendapatkan ide setelah
mendapatkan materi baru
|
|
|
25.
|
Apakah
kamu selalu bisa memahami setiap materi yang telah dipelajari
|
|
|
26.
|
Apakah kamu selalu ingat tentang materi pelajaran
yang telah diajarkan
|
|
|
27.
|
Apakah kamu selalu cepat dalam menjawab pertanyaan
|
|
|
28.
|
Apakah kamu selalu melakukannya dengan reflek
apabila dosen
menyuruh mengerjakan tugas dipapan tulis
|
|
|
29.
|
Jika nilai kamu jelek,apakah kamu selalu ingin
memperbaikinya
|
|
|
30.
|
Apakah kamu selalu merayakan setiap mendapat nilai
yang bagus
|
|
|
A.
Populasi Penelitian
Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian
(Arikunto,1998:115). Disamping itu juga dapat diartikan populasi adalah jumlah
keseluruhan dari unit analisa yang ciri-cirinya dapat diduga.Dalam penelitian
ini populasinya adalah seluruh mahasiswa jurusan teknik industry angkatan 2011
yang ada pada Universitas Gunadarma Bekasi.
B.
Sampel Penelitian
Sampel adalah sebagian wakil dari
populasi yang diteliti (Arikunto ,1998:117). Sedangkan Sutrisno Hadi(1998:221)
Berpendapat bahwa sampel adalah sejumlah penduduk yang jumlahnya kurang dari
populasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random sampling (undian) karena setiap
anggota populasi yang ada didalam sampling
frame bersangkutan merupakan hak yang sama besar untuk dipilih menjadi
anggota sampel (Suharsimi Arikunto,1997:111-114). Penentuan sampel pada
dasarnya tidak ada yang mutlak untuk menentukan beberapa persen sampel dari
populasi yang akan diambil. Sampel penelitian ini terdiri dari dua variabel
yaitu variabel bebas (x) dan variabel terkait (y).
C. Variabel
penelitian
a. Variabel bebas adalah variabel yang
mempengaruhi terhadap suatu gejala. variabel bebas dalam penelitian ini adalah
motivasi belajar dengan indikator sebagai berikut:
1.cita-cita/aspirasi siswa
2.kemampuan siswa
3.kondisi jasmani dan rohani siswa
4.kondisi lingkungan kelas
5.unsur-unsur dinamis belajar
6.upaya guru membelajarkan siswa
b. Variabel terkait (y) adalah variabel yang
di pengaruhi oleh suatu gejala. Variabel terkait ini adalah hasil belajar
dengan indikator sebagai berikut:
1. Informasi verbal
2. Keterampilan intelek
3. Strategi kognitif
4. Keterampilan motorik
5. Sikap
D.
Teknik pengumpulan Data
Dalam penelitian ini pengumpulan data
dengan menggunakan alat pengumpulan data yang sesuai dengan masalah yang
ditelieti. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu:
1. Metode
angket atau kusioner
Yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang
digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang
pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui (Suharsimi Arikunto,1998:140).
Setelah angket
dipersiapkan sebagai instrumen penenelitian, selanjutnya dibagikan kepada
responden untuk diuji cobakan. Kemudian peneliti menyebarkan angket tersebut
kepada sampel penelitian (responden) sebanyak 50 mahasiswa. Penyebaran angket,
setelah diketahui jumlah populasi yang terdiri 120 mahasiswa dari Jurusan Teknik
Industrki Gunadarma Angkatan 2011, maka angket disebarkan kepada 50 mahasiswa
untuk dialakukan penelitian. Penyebaran angket dilakukan selama dua hari, pada saat jam istirahat.
E.
Kesimpulan
1. Motivasi belajar mahasiswa
Teknik Industri Gunadarma Angkatan 2011 yang terdiri dari cita-cita/aspirasi,
kemampuan siswa, kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan kelas,
unsur-unsur dinamis dalam belajar dan upaya dosen dalam membelajarkan mahasiswa
sedangkan hasil belajar mahasiswa meliputi informasi verbal, keterampilan
intelek, strategi kognitif,keterampilan motorik dan sikap.
2. Secara nyata motivasi belajar berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Industri Gunadarma
Angkatan 2011, terbukti dengan adanya pengambilan data dengan cara angket.
3. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap
hasil belajar mahasiswa Teknik Industri Gunadarma Angkatan 2011 sebesar 30% sedangkan
sisanya sebesar 70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Sumber: http://kelompok16bgr.wordpress.com/pengaruh-motivasi-belajar-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-iv-sdn-waru-05-kecamatan-parung-2/
Antena Tv Bagus Wajanbolic,yg unik,awet,cocok & jernih untuk TV LCD,TV LED,TV Plasma,TV Digital & Tv Model Lama.
BalasHapusYang Senang Nonton Sepak bola Liga Dunia tanpa diacak
lebih asyik nonton Tv dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic!
Nonton TV lebih Asyik Dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic
http://antenatv-rakitan.blogspot.com