Gunadarma BAAK News

Jumat, 03 Januari 2014

Angket Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Gunadarma Bekasi


No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Apakah kamu sangat senang selama belajar di Gunadarma


2.
Bagaimana keinginan kamu untuk meraih hasil belajar terbaik di Gunadarma


3.
Apakah kamu yakin bahwa selama belajar di Gunadarma  bisa meraih prestasi yang baik


4.
Apakah kamu mengalami kesulitan belajar di Gunadarma


5.
Apakah kamu selalu menjawab pertanyaan dengan benar


6.
Apakah kamu selalu siap dalam menerima pelajaran


7.
Apakah kamu selalu menyempatkan sarapan pagi sebagai penambah stamina agar dalam proses belajar mengajar menjadi lancar


8.
Untuk mengejar ketertinggalan selama tidak masuk kuliah karena sakit, apakah kamu selalu meminjam catatan kepada teman mengenai materi pelajaran yang telah diberikan oleh dosen


9.
Apakah kamu selalu mengikuti mata pelajaran dengan kondisi yang terpaksa


10.
Apakah cuaca yang panas sering mengganggu proses pembelajaran didalam kelas


11.
Apakah kondisi kelas kamu selalu nyaman digunakan dalam proses pembelajaran


12.
Apakah dikelas kamu banyak dipasang semboyan-semboyan yang dapat memotivasi kamu dalam belajar


13.
Apakah kamu sering terganggu dengan kegaduhan teman didalam kelas pada saat proses belajar mengajar


14.
Apakah dosen-dosen kamu selalu memotivasi sehingga memberi rasa percaya diri


15.
Apakah orang tua kamu selalu memberikan kesempatan untuk mengaktualisasi diri dalam belajar


16.
Dengan mengikuti ekstrakurikuler di kampus, apakah kegiatan itu sangat mempengaruhi belajar kamu


17.
Apakah kamu merasa jelas dengan metode pembelajaran yang diajarkan oleh dosenmu


18.
Apakah dosen kamu selalu memberikan tugas rumah


19.
Apakah dosen kamu selalu memberikan motivasi belajar disela-sela proses pembelajaran


20.
Apakah kamu selalu mempergunakan kesempatan untuk bertanya kepada dosen


21.
Apakah kamu selalu mengungkapkan pendapat dengan baik


22.
Apakah kamu selalu mampu menerima semua informasi dari dosen


23.
Apakah kamu selalu berpikir jernih setiap menghadapi permasalahan


24.
Apakah kamu selalu mendapatkan ide setelah mendapatkan materi baru


25.
Apakah kamu selalu bisa memahami setiap materi yang telah dipelajari


26.
Apakah kamu selalu ingat tentang materi pelajaran yang telah diajarkan


27.
Apakah kamu selalu cepat dalam menjawab pertanyaan


28.
Apakah kamu selalu melakukannya dengan reflek apabila dosen menyuruh mengerjakan tugas dipapan tulis


29.
Jika nilai kamu jelek,apakah kamu selalu ingin memperbaikinya


30.
Apakah kamu selalu merayakan setiap mendapat nilai yang bagus





A.        Populasi Penelitian
Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian (Arikunto,1998:115). Disamping itu juga dapat diartikan populasi adalah jumlah keseluruhan dari unit analisa yang ciri-cirinya dapat diduga.Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh mahasiswa jurusan teknik industry angkatan 2011 yang ada pada Universitas Gunadarma Bekasi.

B.        Sampel Penelitian
        Sampel adalah sebagian wakil dari populasi yang diteliti (Arikunto ,1998:117). Sedangkan Sutrisno Hadi(1998:221) Berpendapat bahwa sampel adalah sejumlah penduduk yang jumlahnya kurang dari populasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random sampling (undian) karena setiap anggota populasi yang ada didalam sampling frame bersangkutan merupakan hak yang sama besar untuk dipilih menjadi anggota sampel (Suharsimi Arikunto,1997:111-114). Penentuan sampel pada dasarnya tidak ada yang mutlak untuk menentukan beberapa persen sampel dari populasi yang akan diambil. Sampel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (x) dan variabel terkait (y).

C.      Variabel penelitian
 a. Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi terhadap suatu gejala. variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dengan indikator sebagai berikut:
 1.cita-cita/aspirasi siswa
 2.kemampuan siswa
 3.kondisi jasmani dan rohani siswa
 4.kondisi lingkungan kelas
 5.unsur-unsur dinamis belajar
 6.upaya guru membelajarkan siswa
 b. Variabel terkait (y) adalah variabel yang di pengaruhi oleh suatu gejala. Variabel terkait ini adalah hasil belajar dengan indikator sebagai berikut:
 1. Informasi verbal
 2. Keterampilan intelek
 3. Strategi kognitif
 4. Keterampilan motorik
 5. Sikap

D.        Teknik pengumpulan Data
          Dalam penelitian ini pengumpulan data dengan menggunakan alat pengumpulan data yang sesuai dengan masalah yang ditelieti. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu:
1.      Metode angket atau kusioner
 Yaitu sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui (Suharsimi Arikunto,1998:140).
 Setelah angket dipersiapkan sebagai instrumen penenelitian, selanjutnya dibagikan kepada responden untuk diuji cobakan. Kemudian peneliti menyebarkan angket tersebut kepada sampel penelitian (responden) sebanyak 50 mahasiswa. Penyebaran angket, setelah diketahui jumlah populasi yang terdiri 120 mahasiswa dari Jurusan Teknik Industrki Gunadarma Angkatan 2011, maka angket disebarkan kepada 50 mahasiswa untuk dialakukan penelitian. Penyebaran angket dilakukan selama dua hari,  pada saat jam istirahat.

E.       Kesimpulan
1. Motivasi belajar mahasiswa Teknik Industri Gunadarma Angkatan 2011 yang terdiri dari cita-cita/aspirasi, kemampuan siswa, kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan kelas, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan upaya dosen dalam membelajarkan mahasiswa sedangkan hasil belajar mahasiswa meliputi informasi verbal, keterampilan intelek, strategi kognitif,keterampilan motorik dan sikap.
 2. Secara nyata motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Industri Gunadarma Angkatan 2011, terbukti dengan adanya pengambilan data dengan cara angket.
3.  Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Industri Gunadarma Angkatan 2011 sebesar 30% sedangkan sisanya sebesar 70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Sumber: http://kelompok16bgr.wordpress.com/pengaruh-motivasi-belajar-terhadap-hasil-belajar-siswa-kelas-iv-sdn-waru-05-kecamatan-parung-2/















1 komentar:

  1. Antena Tv Bagus Wajanbolic,yg unik,awet,cocok & jernih untuk TV LCD,TV LED,TV Plasma,TV Digital & Tv Model Lama.
    Yang Senang Nonton Sepak bola Liga Dunia tanpa diacak
    lebih asyik nonton Tv dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic!

    Nonton TV lebih Asyik Dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic

    http://antenatv-rakitan.blogspot.com

    BalasHapus