1.
Judul Penelitian
Minat
Belajar Mahasiswa
2.
Latar
Belakang
Kegiatan belajar mengajar (KBM) sering
kita temui anak yang sulit memahami materi pelajaran yang sedang diajarkan.
Banyak faktor yang menyebabkan anak sulit memahami materi, salah satunya adalah
strategi (metode) belajar mengajar yang digunakan oleh guru. Untuk itu seorang
guru harus mengupayakan strategi belajar mengajar yang tepat yang melibatkan
siswa secara langsung baik secara fisik maupun pikiran. Upaya lain yang dapat
dilakukan untuk membantu siswa memahami materi adalah dengan menggunakan media
yang menarik sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Dengan media yang
menarik siswa akan termotivasi untuk memperhatikan dan tentunya akan lebih
memiliki rasa keberminatan mengikuti KBM.
Tanpa adanya minat untuk belajar, siswa
tidak akan bergairah untuk menyerap materi. Minat adalah suatu rasa lebih suka
dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas, tanpa ada yang menyuruh.
Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri
dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin
besar minatnya. Sardiman (1988:76) berpendapat bahwa minat diartikan sebagai
suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti
sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan atau
kebutuhan-kebutuhannya sendiri.
Reber dalam Syah (1995: 136)
mengemukakan bahwa minat mempunyai ketergantungan pada faktor internal seperti
perhatian, kemauan dan kebutuhan.
Minat
dianggap sebagai respon yang sadar, sebab jika tidak demikian, minat tidak akan
mempunyai arti apa-apa. Dari ketiga unsur inilah yang diwujudkan dalam bentuk
kemauan dan hasrat untuk melakukan suatu kegiatan, termasuk kegiatan yang ada
di sekolah seperti belajar. Ketiga faktor tersebut saling mempengaruhi dan
memperkuat minat belajar seorang pendidik sehingga mahasiswa mampu memahami dan
menaruh perhatian terhadap materi pelajaran.
Untuk dapat menekan minat belajar
seseorang, khususnya pada kelompok usia (<30 tahun) harus dimulai dengan
cara menanamkan motivasi pada setiap individu. Universitas Gunadarma merupakan
salah satu universitas swata terbaik dan memiliki fasilitas yang lengkap
sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di universitas ini dengan
melihat faktor-faktor internal yang mempengaruhi dan berisiko terhadap minat
belajar mahasiswa pada kelompok usia <30 tahun.
3.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan uraian yang di ungkapkan
dalam latar belakang, maka penulis merumuskan masalah penelitian sebagai
berikut:
Apakah faktor risiko minat belajar
mahasiswa pada usia <30 tahun di Universitas Gunadarma Tahun 2013.
4.
Pembatasan
Masalah
Meskipun
banyak permasalahan yang berkaitan dengan Minat Belajar Mahasiswa, namun dalam
penelitian ini hanya membatasi pada masalah faktor internal Minat Belajar
Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma tahun 2013.
5.Tujuan Penelitian
Tujuan Umum
Mengetahui faktor risiko minat belajar mahasiswa pada usia <30 tahun di Universitas Gunadarma Tahun 2013.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui distribusi frekuensi, distribusi relatif, dan distribusi kumulatif minat belajar mahasiswa usia <30 tahun berdasarkan faktor internal yaitu perhatian.
2.Untuk mengetahui distribusi frekuensi, distribusi relatif, dan distribusi kumulatif minat belajar mahasiswa usia <30 tahun berdasarkan faktor internal yaitu kemauan.
3.Untuk mengetahui distribusi frekuensi, distribusi relatif, dan distribusi kumulatif minat belajar mahasiswa usia <30 tahun berdasarkan faktor internal yaitu kebutuhan.
5.Tujuan Penelitian
Tujuan Umum
Mengetahui faktor risiko minat belajar mahasiswa pada usia <30 tahun di Universitas Gunadarma Tahun 2013.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui distribusi frekuensi, distribusi relatif, dan distribusi kumulatif minat belajar mahasiswa usia <30 tahun berdasarkan faktor internal yaitu perhatian.
2.Untuk mengetahui distribusi frekuensi, distribusi relatif, dan distribusi kumulatif minat belajar mahasiswa usia <30 tahun berdasarkan faktor internal yaitu kemauan.
3.Untuk mengetahui distribusi frekuensi, distribusi relatif, dan distribusi kumulatif minat belajar mahasiswa usia <30 tahun berdasarkan faktor internal yaitu kebutuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar