Gunadarma BAAK News

Jumat, 18 Oktober 2013

Formulasikan Masalah


1.         Judul Penelitian
Minat Belajar Mahasiswa
2.        Latar Belakang
Kegiatan belajar mengajar (KBM) sering kita temui anak yang sulit memahami materi pelajaran yang sedang diajarkan. Banyak faktor yang menyebabkan anak sulit memahami materi, salah satunya adalah strategi (metode) belajar mengajar yang digunakan oleh guru. Untuk itu seorang guru harus mengupayakan strategi belajar mengajar yang tepat yang melibatkan siswa secara langsung baik secara fisik maupun pikiran. Upaya lain yang dapat dilakukan untuk membantu siswa memahami materi adalah dengan menggunakan media yang menarik sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Dengan media yang menarik siswa akan termotivasi untuk memperhatikan dan tentunya akan lebih memiliki rasa keberminatan mengikuti KBM.
Tanpa adanya minat untuk belajar, siswa tidak akan bergairah untuk menyerap materi. Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minatnya. Sardiman (1988:76) berpendapat bahwa minat diartikan sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhannya sendiri.
Reber dalam Syah (1995: 136) mengemukakan bahwa minat mempunyai ketergantungan pada faktor internal seperti perhatian, kemauan dan kebutuhan.
Minat dianggap sebagai respon yang sadar, sebab jika tidak demikian, minat tidak akan mempunyai arti apa-apa. Dari ketiga unsur inilah yang diwujudkan dalam bentuk kemauan dan hasrat untuk melakukan suatu kegiatan, termasuk kegiatan yang ada di sekolah seperti belajar. Ketiga faktor tersebut saling mempengaruhi dan memperkuat minat belajar seorang pendidik sehingga mahasiswa mampu memahami dan menaruh perhatian terhadap materi pelajaran.
            Untuk dapat menekan minat belajar seseorang, khususnya pada kelompok usia (<30 tahun) harus dimulai dengan cara menanamkan motivasi pada setiap individu. Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas swata terbaik dan memiliki fasilitas yang lengkap sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di universitas ini dengan melihat faktor-faktor internal yang mempengaruhi dan berisiko terhadap minat belajar mahasiswa pada kelompok usia <30 tahun.

3.        Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang di ungkapkan dalam latar belakang, maka penulis merumuskan masalah penelitian sebagai berikut:
Apakah faktor risiko minat belajar mahasiswa pada usia <30 tahun di Universitas Gunadarma Tahun 2013.

4.        Pembatasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan Minat Belajar Mahasiswa, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah faktor internal Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri  Universitas Gunadarma tahun 2013.

5.Tujuan Penelitian
Tujuan Umum
 Mengetahui faktor risiko minat belajar mahasiswa pada usia <30 tahun di Universitas Gunadarma Tahun 2013.

Tujuan Khusus
Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui distribusi frekuensi, distribusi relatif, dan distribusi kumulatif minat belajar mahasiswa usia <30 tahun berdasarkan faktor internal yaitu perhatian.
2.Untuk mengetahui distribusi frekuensi, distribusi relatif, dan distribusi kumulatif minat belajar mahasiswa usia <30 tahun berdasarkan faktor internal yaitu kemauan.
3.Untuk mengetahui distribusi frekuensi, distribusi relatif, dan distribusi kumulatif minat belajar mahasiswa usia <30 tahun berdasarkan faktor internal yaitu kebutuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar